Keorganisasian

Kalyanamitra percaya bahwa keberhasilan program kerja dan kemajuan organisasi turut dipengaruhi oleh pengelolaan dan penguatan organisasi yang baik dan tepat guna. Di samping itu, pengembangan organisasi juga perlu ditopang dengan pengembangan sumber daya lainnya, seperti: sumber daya manusia, keuangan, jaringan kerja dan sarana prasarana.

Prinsip tersebut sudah sejak mula diyakini Kalyanamitra dengan memilih badan hukum kelembagaannya dalam bentuk yayasan yang memiliki dasar hukum yang sah dan kuat. Dalam hal memperkaya kapasitas internal, Kalyanamitra melaksanakan diskusi-diskusi kritis tentang arah dan strategi organisasi bersama dengan Mitra Kritis, sebutan untuk individu-individu terpilih yang diperlukan Kalyanamitra untuk mengembangkan organisasi.

Aktivitas keorganisasian di Kalyanamitra antara lain:
perencanaan, monitoring, evaluasi, penggalangan sumber daya, peningkatan kapasitas internal dan tata kelola administrasi dan keuangan. Keseluruhan aktivitas ditunaikan berdasarkan periode dan kebutuhannya sehingga menunjang kinerja organisasi.