Versi Bahasa | English Version

Pendampingan Komunitas

Banyak kerja Kalyanamitra berkisar seputar pendampingan komunitas. Pendampingan komunitas ini merupakan proses yang berhubungan dengan pemantapan ikatan perkawanan dengan perempuan atau komunitas secara umum. Proses ini meliputi dialog kritis dan pendidikan berkelanjutan guna memecahkan persoalan hidup secara bersama-sama. Pendampingan ini juga mendorong tumbuhnya keberanian komunitas dan perempuan untuk mengungkapkan penyebab yang memarjinalisasikan mereka.

Pendampingan komunitas Kalyanamitra memfokuskan pada pembentukan kesadaran kritis dan penggalian pengetahuan lokal yang berharga mengenai perempuan. Dialog atau musyawarah yang demokratis sangat diutamakan dalam proses ini. Usulan komunitas menjadi sumber utama dari gagasan kampanye Kalyanamitra. Kemudian, perempuan yang melanjutkan untuk berperan dalam proses-proses kampanye, berpartisipasi dalam perencanaan, membuat keputusan, dan melaksanakan program.

Pendampingan komunitas juga menekankan pada pentingnya pendidikan berkelanjutan, sebagai pembentukan dan penguatan kelompok-kelompok masyarakat dan organisasi perempuan. Tujuannya ialah transformasi sistem sosial yang dipandang menindas komunitas atau perempuan. kami juga bertujuan membantu membentuk sistem masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokratis, yang transparan, berkesejahteraan sosial, dan politik dan ekonomi yang berkeadilan gender.