INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Kalyanamitra menyadari bahwa analisis berbasis gender akan mendorong terwujudnya keadilan dan kesetaraan posisi perempuan. Guna memfasilitasi kebutuhan data dalam analisis gender, Kalyanamitra melakukan dokumentasi isu-isu dan pengalaman perempuan Indonesia. Dokumentasi tersebut tersaji dalma bentuk buku dan buletin yang dapat diakses di perpustakaan maupun situs web Kalyanamitra. Di samping itu, Kalyanamitra juga mendorong kesadaran publik, khususnya perempuan terkait persoalan-persoalan gender lewat penerbitan buku, lembar info dan majalah sehingga dokumen-dokumen tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai perempuan.

Perpustakaan

Perpustakaan Kalyanamitra berisi koleksi buku, jurnal, dan kumpulan dokumen yang didokumentasikan sejak 1985. Semua koleksi tersebut dapat diakses secara terbuka oleh publik di kantor Kalyanamitra. Hingga kini, Perpustakaan Kalyanamitra banyak dimanfaatkan sebagai pusat referensi penelitian, bahan penulisan dan informasi mengenai perempuan. Koleksi perpustakaan Kalyanamitra, antara lain: buku, working paper (hasil penelitian, kajian, makalah seminar/workshop/training/diskusi publik), terbitan berkala (majalah, buletin, surat kabar, newsletter, jurnal), audio visual (foto, film, slide dan kaset) juga koleksi kliping yang didokumentasikan sejak 1985 hingga kini.

Publikasi

Selain mengoleksi publikasi yang ada, Kalyanamitra juga menerbitkan buku, buletin, dan dokumen-dokumen lain secara mandiri. Sebagian koleksi dapat diperoleh publik secara gratis, melalui pengunduhan di situs web, sementara sebagian lainnya berbayar yang bisa dibeli secara online. Jenis-jenis publikasi tersebut, di antaranya: buku, buletin, analisis media, kajian dan lembar info.